Bagaimana Cara Mengetik Hanzi di Windows7

      Saya masih sering ditanya orang bagaimana mengetik hanzi di Windows. Baik di Windows XP, 7 maupun 8. Sebenarnya settingannya sangat mudah. Hanya perlu setting bahasa di laptop / PC Anda. Jangan kuatir, ini berbeda dengan memasang Windows Chinese, yang akan mengubah bahasa komputer Anda secara keseluruhan. Tidak. Ini bukan seperti itu. Ini hanya menyeting bahasa untuk diketikkan (input). Begini langkahnya:



Langkah Pertama (1 dari  2 langkah)

Klik Start, kemudian pilih Control Panel

Kemudian pilih Clock, Language and Region, kemudian klik Change keyboards or other input methods.



Pilih Change keyboards...



Klik Add.. untuk menambahkan input bahasa dalam mengetik.



Klik tanda (+) Chinese Simplified, beri centang di Chinese (Simplified) Microsoft Pinyin IME. Jangan lupa tekan tombol OK. Selesai.


Sampai sini sebenarnya Anda bisa langsung mengetik di Note, Microsoft Office, semisal MS Word, Excel dan yang lain, bahkan juga di kotak pencarian di website, di email, atau dimanapun.

Caranya:

Buka MS Word Anda, cari tulisan EN dipojok bawah sebelah kanan, klik itu kemudian ganti CH.



Kemudian mulailah ketikan pinyin. Misal, kalimat 我是中国人 Wo shi Zhongguo ren.

Klik pinyin "wo" (tanpa tanda kutip), maka akan terlihat seperti ini:


Arahkan kursor Anda, menggunakan tanda panah kiri kanan untuk memilih huruf yang dikehendaki. Kemudian tekan spasi untuk memilih. 



Ketikkan "shi"



Langkahnya sama seperti di atas. Pilih hanzi dari huruf "shi" yang Anda maksud kemudian tekan spasi.



Ketikkan "zhong"


Pilih, kemudian spasi.


Ketik "guo"


Pilih


Ketik "ren"


Pilih kemudian spasi.

Selesai? Belum. Perhatikan, di bawah kalimat itu terdapat titik-titik. Cara menghilangkannya, letakkan kursor mouse Anda ke belakang huruf 人, kemudian tekan spasi.



Selesai \(^o^)/

      Anda puas? Saya sih belum. Saya merasa cara mengetik yang seperti ini terlalu lama dan menjengkelkan. Karena harus memilih huruf demi huruf dari kalimat yang kita mau ketik. Bagaimana jika ditengah-tengah kalimat kita lupa huruf yang mana yang harus dipilih? Haruskah kita mencari kamus? Merepotkan sekali. Karenanya, saya akan beritahu tips yang berguna untuk membantu kita.


Langkah Kedua (2 dari 2 langkah)

      Buka http://pinyin.sogou.com. Download Sogou Pinyin Input. Ini adalah software gratis buatan Tiongkok untuk mengetik hanzi di Windows. Saya sudah lebih dari lima tahun menggunakan software ini dan saya masih menyukainya. Selain bisa mengetik hanzi yang berupa kalimat utuh, menambahkan emotion, menulis pinyin menggunakan shengdiao dan tampilan skinnya juga bisa diganti (download secara gratis), jadi tidak membosankan J



Klik tombol 6.8 正式版 untuk mendownload softwarenya. Setelah selesai download, buka dan install.



Klik 快速安装 atau "Instal Cepat".



Tunggu sampai proses pemasangan selesai. Jika tahap pertama adalah 安装 (perhatikan deretan Hanzi di kanan atas), tahap dua adalah 推荐 atau rekomendasi. Di tahap ini Anda akan diberi pilihan menginstall Sogou Browser dan memasangnya sebagai browser default Anda. Jika Anda tidak menginginkannya, hilangkan centang di kotak yang ada tanda centangnya. Caranya adalah klik kiri kotak tersebut. Kemudian tekan tombol 下一步 (N) atau NEXT




Pada tahap ketiga (完成) jika Anda pernah memasang Sogou Pinyin versi sebelumnya, maka akan ada pemberitahuan seperti di bawah ini:

Beri centang pada kotak 查看最新持性 atau memilih update otomatis. kemudian klik tombol 完成 (F) atau FINISH

Tips:

Jika Anda belum pernah menginstal software ini sebelumnya, Anda juga dapat memilih pilihan yang sama sebelum Anda klik FINISH.


Selesai? Belum. Kembali buka MS Word Anda. Klik EN pilih CH, saat ini muncul dua pilihan: bawaan Windows dan Sogou Pinyin. Kliklah Sogou Pinyin. Langkah ini hanya sekali dilakukan. Selanjutnya, laptop / komputer Anda akan mengingat Sogou Pinyin sebagai pilihan default Anda untuk mengetik Hanzi, tiap kali Anda ganti EN ke CH.

Kemudian, cobalah mengetik kalimat yang sama: 我是中国人 Wo shi Zhongguo ren.


Lihat bedanya. Disini Anda dapat langsung mengetikkan satu kalimat panjang sekaligus. Tekan tombol 1 di komputer Anda untuk memilih. Kemudian hasilnya akan segera muncul.


Terkadang jika mengetik soal ujian, atau membuat modul, saya membutuhkan mengetik Hanzi maupun kalimat dalam bahasa Indonesia. Cara mengubahnya simpel, tidak perlu mengubah CH ke EN untuk menulis bahasa Indonesia. Tekan saja tombol SHIFT


Tips:

1. Perhatikan tombol CAPS LOCK. Menulis Hanzi menggunakan software ini tidak bisa berfungsi jika tombol tersebut menyala.

2.  Jangan lupa mengganti CH ke EN setelah selesai mengetik atau sebelum Anda meng-close MS Windows Anda. Ini untuk mencegah komputer mengubah bahasa input default Anda dari bahasa Inggris ke bahasa Mandarin.


Semoga berguna :)

Comments